Tips Singkat Langkah Memakai Spektrofotometer UV-VIS



Tahukah Anda jika resapan sinar di wilayah ultraviolet dari satu senyawa bisa diukur? Ya, nama alatnya ialah Spektofotometri UV-VIS. VIS di belakang namanya sendiri mengacu pada kata visible yang berarti “nampak” sebab dia dapat mengukur cahaya terlihat alias cahaya ultraviolet dari satu senyawa berbentuk larutan. Kita tahu jika penyerapan cahaya ultraviolet mengakibatkan terdapatnya peralihan elektron dimana elektron yang terdapat pada orbit fundamen akan beralih ke daya tinggi. Untuk lebih detilnya dalam artikel berikut akan diulas langkah memakai Spektrofotometer UV-VIS.

Spektrofotometer ialah satu alat yang terdiri atas dua elemen, yaitu spektrometer yang membuahkan cahaya dengan panjang gelombang khusus yang datang dari spektrum sinar, dan fotometer yang disebut alat ukur intensif sinar yang ditransmisi tersebut. Selain itu Spektrofotometer UV-VIS ialah satu alat yang dengan detil dipakai untuk arah menyelidik ikatan rangkap yang ada di senyawa, termasuk tipe kromofornya. Mengenai arah lain ialah meneliti panjang gelombang satu sinar dan memberi detil berkaitan dengan strukturnya, serta lakukan analisa kuantitatif satu senyawa.

Spektrofotometer UV-VIS umumnya dipakai untuk lakukan pengukuran pada kandungan logam yang terdapat dalam satu senyawa berupa larutan. Contohnya jika satu senyawa memiliki kandungan logam, akan punya warna panjang gelombang yang berlainan. Tidak hanya kandungan logam, dapat untuk mengetes ada tidaknya senyawa organik yang ada dalam larutan itu, sebab beberapa senyawa organik yang bisa menyerap cahaya ultraviolet serta karena itu akan memunculkan pergantian warna gelombang sinar. Peranan Spektrofotometer UV-VIS untuk memastikan berapa cepat potensi satu konsentrasi dalam larutan dalam menyerap sinar.

Langkah memakai Spektrofotometer UV-VIS sendiri tidak susah. Ada banyak elemen yang ada dalam alat, yaitu lampu sumber sinar yang punya wilayah gelombang 350 – 2200 nanometer, selanjutnya ada juga alat penataan intensif untuk mengendalikan berapa intensif sinar yang dibuat sumber sinar hingga cahaya yang masuk masih stabil, dan ada alat untuk memilih panjang sinar dan mengubah sinar polikrom jadi monokrom yang disebutkan dengan monokromator. Prinsipnya, saat sinar masuk, akan selekasnya dirubah jadi sinar monokrom dan difilter sampai terserap oleh senyawa.

Mengenai pemakaiannya dengan memakai laptop Anda yang tersambung dengan printer, selanjutnya nyalakan spektrofotometer UV-VIS. Tempatkan sampel dalam tempat yang sebaiknya, jika lampu berwarna hijau menyala, karena itu bermakna proses absorbsi sedang berjalan. Selanjutnya jika sinar telah usai diserap, data penyerapan serta spectrum akan masuk ke laptop Anda. Tidak susah kan? Demikian banyak hal yang bisa kami berikan berkaitan dengan memakai Spektrofotometer UV-VIS. Mudah-mudahan apa yang kami berikan ini bisa berguna buat Anda yang sedang membutuhkannya. Mudah-mudahan sukses memakainya.

Desember 30, 2019 - tanpa komentar